Penyebab dan Pencegahan Stretch Mark Selama Masa Kehamilan

Penyebab dan Pencegahan Stretch Mark Selama Masa Kehamilan


Begitu Anda mengetahui bahwa Anda hamil, Anda akan menyadari bahwa segala sesuatu akan berubah, dari ukuran pinggang Anda hingga tanda-tanda peregangan kecil yang muncul. Stretch mark (tanda kerutan) berupa tanda merah atau ungu akan tertinggal di kulit Anda karena sudah meregang. 90 persen dari semua wanita hamil akan mendapatkannya. Banyak atau sedikit tanda kerutan tersebut sangat tergantung pada tubuh dan bagaimana Anda mencegahnya.

Ada banyak lotion di luar sana yang mengklaim dapat membantu mencegah stretch mark, seperti serum bekas luka, maderma, dan lain sebagainya. Pastikan kulit Anda selalu lembab, ini membantu dalam meregangkan kulit dan tidak merobeknya. Selama kehamilan, cobalah untuk makan sehat dan tetap bugar. Ini dapat membantu untuk menghindari bobot berlebihan di berbagai titik tubuh Anda. Pastikan Anda minum banyak air, tetap dalam kondisi terhidrasi adalah cara terbaik untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Saat kulit Anda mengering, Anda sangat mungkin untuk mulai mengalami stretch mark.

Jika Anda pernah melahirkan anak sebelumnya, maka tingkat kemungkinan Anda untuk mendapatkan lebih banyak stretch mark akan meningkat. Kulit Anda telah diregangkan dan Anda akan melakukannya lagi. Besarnya bayi juga dapat meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan stretch mark. Mulailah menggunakan krim pencegahan dan lotion yang terdapat vitamin A dan E di dalamnya dengan segera setelah Anda tahu bahwa Anda sedang hamil. Ini adalah langkah awal untuk mengurangi kemungkinan Anda mendapatkan stretch mark.

Stretch line (garis peregangan) atau stretch mark (tanda kerutan) atau apapun Anda menyebutnya, itu adalah satu hal yang semua wanita takuti akan terjadi setelah mereka hamil, termasuk Anda.

Sebenarnya apa itu stretch mark? Dan mengapa itu terjadi?

Ternyata alasannya adalah terletak pada anatomi kulit. Kulit memiliki dua lapisan yaitu lapisan atas tipis yang disebut epidermis dan lapisan bawah yang lebih tebal yang disebut dermis. Dermis dipenuhi filamen protein halus yang disebut elastin (seperti karet gelang) yang mampu meregang ketika ditarik. Tetapi sama seperti karet gelang, elastin dapat meregang sejauh pada titik tertentu dan tidak bisa lebih jauh. Dalam arti elastin ini hanya dapat diregangkan sampai batas tertentu dan jika direntangkan lebih jauh, dia akan patah. Meningkatnya jumlah uterus selama kehamilan menyebabkan kulit meregang dan serat elastin robek. Elastin yang robek menghasilkan bekas luka pada kulit yang disebut stria gravidarum atau lebih dikenal dengan sebutan stretch mark.

Stretch mark biasa terjadi di perut bagian bawah wanita hamil, meskipun tidak semua wanita hamil mengalami itu. Stretch mark juga tidak selalu terjadi pada perut bagian bawah. Stretch mark terjadi ketika kulit diregangkan dalam waktu yang sangat singkat, seperti pada kehamilan atau obesitas. Secara umum stretch mark bisa terjadi pada :
- Di perut bagian bawah.
- Sepanjang sisi payudara baik dalam kehamilan atau obesitas.
- Paha atas.
- Di sisi dalam lengan atas.

Namun, bisakah stretch mark dicegah? Jawabannya adalah bisa, tapi sampai batas tertentu. Meskipun beberapa wanita secara genetik rentan untuk mengalami stretch mark, namun perlu dicatat bahwa atlet dan wanita yang terbiasa dengan pekerjaan fisik berat, mendapatkan sangat sedikit atau tidak ada stretch mark sama sekali. Ini terlepas dari apakah saudara perempuan mereka memiliki stretch mark atau tidak (genetik). Alasan untuk ini adalah bahwa para wanita ini memiliki otot perut yang sangat berkembang dengan baik dan kuat. Otot-otot ini dapat dengan mudah mengambil berat dari uterus yang tumbuh dan mencegahnya menekan ke depan pada kulit menjadikan seperti mengenakan sabuk otot yang kuat di bawah kulit. Dengan demikian kulit terentang lebih sedikit, serat elastin lebih sedikit rusak.

Sekali lagi kulit yang kenyal, sehat, dan dilembabkan dengan baik mampu meregangkan lebih banyak tanpa kerusakan permanen. Jadi, jika seorang wanita dapat memperkuat otot-otot perutnya dan menjaga kulitnya tetap sehat dan lentur, maka risiko timbulnya stretch mark akan menjadi sedikit.

Lalu bagaimana caranya? Bagaimana caranya agar Anda bisa mengembangkan otot dan menjaga kulit tetap lembab? Berikut adalah latihan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stretch mark :
- Latihan 1. Melenturkan otot perut dapat dimulai segera setelah Anda mengetahui kehamilan Anda atau bahkan saat kehamilan sedang Anda rencanakan sekalipun. Yaitu dengan cara berdiri tegak, angkat kedua tangan di atas kepala. Lalu tekuk ke depan perlahan untuk menyentuh jari-jari kaki Anda. Tahan posisi selama hitungan 100. Lalu perlahan-lahan tegak. Lakukan latihan ini setidaknya sekali sehari.
- Latihan 2. Berdiri tegak, angkat kedua tangan di atas kepala dan jepit tangan Anda. Lalu membungkuk perlahan ke kiri sejauh Anda merasa nyaman. Tahan selama 10 hitungan. Luruskan perlahan dan kemudian bengkok ke kanan. Tahan hingga hitungan 10. Luruskan. Buang napas saat Anda membungkuk dan tarik napas saat meluruskan tubuh. Ini adalah satu set latihan. Lakukan minimal 3 set sehari sekali.
- Latihan 3: Berdiri tegak dengan kaki terpisah sekitar 12 inci. Letakkan tangan di pinggang. Perlahan-lahan membungkuk ke belakang, sejauh Anda merasa nyaman. Tahan hingga hitungan 10. Luruskan. Lalu membungkuk ke depan perlahan, tahan posisi ke hitungan 10. Lalu, luruskan. Buang napas saat Anda membungkuk dan tarik napas saat meluruskan tubuh. Ini adalah satu set latihan. Lakukan minimal 3 set sehari sekali.

Tiga latihan itu akan menguatkan otot perut dan punggung serta meregangkan kulit dengan lembut. Latihan tersebut juga memperbaiki postur selama kehamilan.

0 Response to "Penyebab dan Pencegahan Stretch Mark Selama Masa Kehamilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel