Cara Merawat Tubuh Anda Selama Kehamilan

Cara Merawat Tubuh Anda Selama Kehamilan




Hamil berarti mengikuti gaya hidup sehat dengan lebih intensif daripada sebelumnya. Sangat penting untuk memahami langkah apa yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan Anda dan bayi Anda.

Perawatan prenatal adalah salah satu faktor vital yang memastikan kehamilan anda berjalan dengan lancar. Pemeriksaan pertama harus dilakukan selama 6 sampai 8 minggu pertama kehamilan Anda, yaitu ketika periode menstruasi Anda terlambat sekitar 2 hingga 4 minggu. Bagi Anda yang relatif sehat dan tidak memiliki faktor risiko yang menyulitkan, Anda mungkin hanya butuh menemui dokter Anda setiap 4 minggu sampai minggu ke-28 kehamilan, dan kemudian setiap 2 minggu hingga 36 minggu kehamilan. Setelah itu Anda perlu menemui dokter Anda setiap minggu sampai Anda melahirkan melalui persalinan atau sebaliknya.

Nutrisi yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati kehamilan dan merawat tubuh Anda. Karena Anda makan untuk dua orang, sangat penting untuk mengonsumsi makanan sehat dan menjauhi hal-hal yang dapat membahayakan bayi Anda saat ia sedang berkembang. Saat Anda hamil, berdiet dengan mengurangi kalori bukanlah hal yang baik karena Anda perlu mengonsumsi sekitar 300 kalori lebih banyak setiap hari untuk memastikan Anda dan bayi mendapat gizi yang baik, terutama saat kehamilan Anda berkembang. Namun, asupan kalori dapat bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya. Untuk wanita kurus dan wanita yang mengandung anak kembar, Anda mungkin diharuskan mengkonsumsi lebih dari 300 kalori. Atau, jika Anda saat ini kelebihan berat badan maka Anda mungkin perlu asupan kalori lebih sedikit. Apa pun yang terjadi, Anda harus menghubungi dokter atau pelayanan kesehatan Anda untuk menentukan langkah yang terbaik untuk Anda.

Tentu saja, konsumsi kalori murni bukan satu-satunya tujuan. Anda cukup memastikan bahwa apa yang Anda makan adalah nutrisi yang baik, yaitu makanan bergizi yang mengandung vitamin dan mineral penting yang berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Diet sehat sangat penting untuk merawat tubuh Anda selama kehamilan, namun sebenarnya tidak perlu terlalu kaku dan ketat untuk melakukan itu. Sebenarnya cukup mudah untuk mengintegrasikan hidup sehat ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Cukup pertahankan diet yang seimbang dengan mengikuti pedoman diet dasar. Daging tanpa lemak, buah, sayuran, roti gandum dan produk susu rendah lemak, karena semua itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Makanan yang benar-benar sehat akan memberi tubuh Anda nutrisi yang sangat dibutuhkan. Selama kehamilan, nutrisi penting tertentu diperlukan dalam jumlah yang lebih tinggi dari jumlah normal. Misalnya kalsium, zat besi, dan asam folat, semua itu sangat penting ada dalam makanan wanita hamil. Meskipun dokter Anda mungkin sudah meresepkan suplemen vitamin, namun diet Anda masih perlu mengandung makanan bergizi untuk memberikan asupan bagi tubuh Anda.

Secara normal, wanita membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari, tetapi selama kehamilan, konsumsi kalsium harus meningkat untuk mengimbangi kehilangan kalsium di tulang. Anda bisa mendapatkan kalsium dari berbagai produk makanan, termasuk produk susu rendah lemak seperti susu, keju, yogurt, jus jeruk, susu kedelai, sereal yang diperkaya dengan kalsium, sayuran hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan brokoli.

Seorang wanita hamil membutuhkan 27 hingga 30 mg zat besi per hari karena zat besi digunakan oleh tubuh untuk membuat hemoglobin, yang membantu sel-sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi menyebabkan kelangkaan sel darah merah, yang berarti jaringan dan organ tubuh tidak menerima oksigen yang cukup. Dengan bayi di dalam kandungan Anda, maka Anda perlu memberi perhatian lebih pada asupan zat besi pada tubuh Anda.

Zat besi bisa ditemukan pada tanaman dan hewan, tetapi tubuh lebih mudah menyerapnya dari sumber daging (hewani). Contoh beberapa makanan yang mengandung banyak zat besi adalah daging merah, unggas gelap, salmon, telur, tahu, biji-bijian yang diperkaya, kacang-kacangan dan kacang polong, buah kering, sayuran hijau berdaun, dan sereal sarapan yang diperkaya zat besi.

Banyak orang telah mendengar tentang betapa pentingnya folat (asam folat) bagi wanita hamil. Untuk wanita hamil, atau mereka yang berencana hamil, disarankan untuk mengonsumsi 0,4 miligram asam folat setiap hari. Banyak wanita memilih untuk melengkapi diet mereka dengan vitamin selain asupan asam folat yang mereka terima dari makanan.

Telah ditemukan bahwa mengkonsumsi asam folat 1 bulan sebelum dan selama 3 bulan pertama kehamilan mengurangi risiko cacat tabung saraf sebesar 70%, dan ini menjadikan mengapa asupan asam folat dianggap sangat penting. Tabung saraf terbentuk selama 28 hari pertama kehamilan, yang biasanya sebelum seorang wanita menyadari bahwa dia hamil, dan akhirnya berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang bayi. Kurangnya nutrisi yang cukup, terutama kekurangan asam folat, dapat menyebabkan cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Agar tetap sehat saat hamil, penting juga untuk minum banyak cairan. Selama kehamilan, volume darah Anda meningkat, jadi minum banyak air adalah cara terbaik untuk menghindari dehidrasi dan sembelit.

Olahraga adalah cara yang bagus untuk merasa nyaman dan sehat sepanjang kehamilan. Tidak ada alasan untuk menghentikan aktivitas fisik begitu tahu Anda hamil. Bahkan, pedoman diet menyarankan agar Anda mengambil 30 menit atau lebih setiap hari untuk berolahraga dengan kecepatan sedang.

Selama kehamilan, olahraga teratur mencegah penambahan berat badan yang berlebihan, mengurangi masalah seperti sakit punggung, pembengkakan, dan sembelit, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan energi, meningkatkan sikap positif, mempersiapkan tubuh Anda untuk persalinan dan mengurangi waktu pemulihan setelah persalinan.

Tidur yang tepat adalah cara lain dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan selama kehamilan. Kehamilan bisa berakibat fatal jika lalai dalam menjaganya. Selama berjalannya kehamilan, Anda akan merasa lebih lelah dari biasanya. Saat bayi tumbuh lebih besar, Anda akan lebih sulit untuk tidur, tetapi cobalah tidur semampu Anda karena ini akan memberikan rasa segar pada perasaan Anda.

Mengikuti diet sehat, tidur yang cukup, berolahraga, dan minum banyak cairan, semuanya penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan selama kehamilan. Jika Anda berusaha untuk makan makanan bergizi dan mempertahankan sikap positif selama kehamilan Anda, maka semestinya Anda tinggal menunggu hari baik Anda dan menuai semua upaya dalam menjaga kesehatan kehamilan Anda.


0 Response to "Cara Merawat Tubuh Anda Selama Kehamilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel