Kehamilan dan Rasa Mual di Pagi (Morning Sickness)

Kehamilan dan Rasa Mual di Pagi (Morning Sickness)




Bagian terberat dari trimester pertama kehamilan adalah mual di pagi hari, dan Anda yang telah mengalami hal tersebut menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil. Tanda-tanda pertama biasanya muncul pada bulan setelah periode menstruasi terakhir yang terlewatkan. Ketika itu kadar hormon meningkat. Gejala ini dapat berkisar dari mual ringan, sesekali sampai mual parah, terus menerus, mual dengan serangan muntah hingga melemahkan tubuh. Dalam kebanyakan kasus, gejalanya mungkin paling parah terjadi di pagi hari, meskipun gejala ini dapat menyerang saat siang atau malam hari.

Terlepas dari semua kemajuan dalam ilmu kedokteran, tidak ada cara untuk memprediksi berapa lama mual di pagi hari Anda akan bertahan (terjadi terus) bahkan meskipun Anda telah mengalaminya sebelumnya. Umumnya, mual dan muntah berlangsung sampai sekitar 12 - 13 minggu kehamilan. Namun, beberapa wanita terus merasa mual sampai setelah minggu ke-22.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa rasa mual di pagi yang ringan sampai sedang merupakan tanda kehamilan yang baik, dan risiko keguguran sangat kecil.

Tidak ada perawatan sederhana dan tindakan yang lebih baik dari perawatan di rumah. Oleh karena itu perawatan rumah bagi Anda yang sedang hamil merupakan hal yang pokok dan perlu diperhatikan. Anda bisa mengubah makan apa, kapan memakannya, berapa banyak yang Anda makan, dan bisa juga dengan perubahan tertentu pada bagaimana cara memasak makanan tersebut.

Pada permasalahan mual di pagi hari atau dalam hal mual sepanjang hari, Anda mungkin dapat merasakan bahwa makan lima atau enam kali dengan porsi makan kecil lebih mudah bagi tubuh daripada makan tiga kali dengan porsi yang besar. Pastikan setiap hidangan mengandung protein dan karbohidrat, seperti roti gandum dengan keju parut dan irisan tomat, nasi atau persiapan gandum dengan sereal yang mudah dicerna/ringan, jus jeruk, dan biskuit gandum utuh. Pilih makanan kesehatan rendah lemak yang Anda yang cocok dengan selera Anda. Pengalihan dari satu makanan ke makanan lainnya karena mual adalah hal yang normal dan dapat dimaklumi.

Kiat-kiat berikut ini berguna tidak hanya ketika Anda bangun dengan perasaan mual, tetapi juga berguna ketika Anda merasa mual di siang hari.

1. Cobalah untuk tidak mencium makanan
2. Makanlah camilan kecil dan kering.
3. Jangan langsung bangun dari tempat tidur. Berbaringlah dengan tenang untuk sementara waktu dan mintalah suami membawakan Anda seiris lemon atau jeruk segar atau biskuit kering yang hambar.
3. Hindari minuman banyak sekaligus, sering-seringlah minum kecil di sela-sela waktu makan.
4. Hindari makanan pedas, gorengan, dan makanan berlemak seperti permen.
5. Hindari konsumsi acar yang berlebihan, yang kaya akan garam.
6. Jangan menghabiskan banyak waktu di dapur dan hindari aroma makanan tertentu saat berbelanja.
7. Siapkan makanan yang benar-benar tidak membuat Anda merasa mual.
8. Ambillah jus lemon atau jeruk di pagi hari dan sebelum makan, karena ini dapat mengurangi rasa mual.
9. Sedot es batu sampai mual Anda hilang.
10. Hiruplah udara segar.

Namun, jika Anda mengalami mual dan muntah yang parah, temui dokter Anda. Komplikasi kehamilan yang tidak umum ini dapat menyebabkan dehidrasi dan malnutrisi, kadang-kadang membutuhkan obat sesuai resep dokter dan dalam beberapa kasus bahkan membutuhkan rawat inap. Sejatinya obat-obatan sebaiknya dihindari pada kehamilan, terutama di bulan-bulan awal, meskipun ada beberapa obat yang telah digunakan selama bertahun-tahun tanpa bahaya yang jelas bagi bayi yang sedang berkembang.


0 Response to "Kehamilan dan Rasa Mual di Pagi (Morning Sickness)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel